Rabu, 06/01/2010 16:50 WIB
Kereta Supercepat Jakarta-Cirebon- Bandung Hadir Tidak Lama Lagi Arifin Asydhad – detikNews
Jakarta – Sejarah baru akan diukir Indonesia. Tidak lama lagi Indonesia akan memiliki kereta supercepat yang akan mengambil rute Jakarta-Cirebon- Bandung sepanjang 357 KM. Memorandum of Agreement (MoA) tentang proyek bernilai US$ 3 miliar ini telah ditandatangani di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).
Bila impian ini jadi kenyataan, maka Indonesia atau Jawa Barat akan tercatat dalam sejarah menjadi tempat pertama di dunia bagi beroperasinya moda transportasi yang super canggih ini.
Kereta supercepat ini akan mengalahkan kecepatan dan kecanggihan shinkansen, bullet train dari Jepang, maupun kereta supercepat di Paris, Prancis.
Dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (6/1/2010), KJRI Los Angeles memenuhi undangan CAEDZ (The Eco Synesis Group) pada tanggal 4 Januari 2010 di Los Angeles untuk menyaksikan penandatangan MoA beberapa konsorsium perusahaan di AS untuk Hydrogen Hi-Speed Rail Super Highway (H2RSH). KJRI Los Angeles diwakili oleh Konsul Ekonomi Edi Suharto dan Pejabat Promosi Investasi Los Angeles, Heldy S. Putera.
Penandatangan MoA proyek US$ 3 miliar yang berupa pembangunan kereta super cepat dan ramah lingkungan Jakarta-Cirebon- Bandung sepanjang 357 km tersebut merupakan penandatanganan lanjutan dari penandatanganan awal yang dilakukan oleh beberapa konsorsium di Kuala Lumpur tanggal 1 Desember 2009.
Hadir dalam kesempatan acara yang difasilitasi oleh CAEDZ tersebut 20 orang pengusaha dari beberapa perusahaan yang tergabung dalam konsorsium seperti Aqua PhyD (California) , Inc, McGladrey & Pullen (California) , The Interstate Traveller Company LLC (Detroit) dan Copernicus International (California) . eCompass Group diharapkan akan menandatangani MoA hari selanjutnya yakni tanggal 5 Januari 2010.
Dengan penandatanganan MoA tersebut, seluruh konsorsium yang terdiri dari 15 perusahaan telah menandatangani MoA dimaksud. Kelima belas perusahaan yang tergabung dalam konsorsium tersebut terdiri dari Aon Risk Service Inc, Aqua-PhyD Inc, Aruna Solutions, Asian Energy Limited, Tricap Group, Copernicus International, eCompass Group, Fidelity National Financial, Global Green Management, McGladry & Pullen, Modular Integrated Technologies, Obermeyer Planen+Beraten, Pembinaan Aktif Gemilang, The Interstate Traveller Company, dan Tum Geotechnical Research.
Menurut Marjorie Hoeh, Director for Investment, Finance and Business Development CAEDZ, proyek tersebut merupakan salah satu proyek dari sejumlah proyek Pembangunan Koridor Ekonomi Jawa Barat yang mencakup wilayah Bandung, Sumedang, Majalengka dan Cirebon atau seluas 7.200 km2 atau kurang lebih seluas Silicon Valley di California (6,539 km2).
Keseluruhan proyek yang bernilai US$ 500 miliar tersebut di dalamnya termasuk rencana pembuatan Lapangan Terbang Internasional di Kertajati, Majalengka dan pembangunan serta pengembangan Pelabuhan laut Internasional di Cirebon.
Terkait time table Proyek H2RSH, Marjorie Hoeh menyampaikan bahwa feasibility study proyek tersebut akan mulai dilakukan pada tanggal 11 Januari 2010 yang akan berlangsung selama 90 hari. Setelah itu bila diputuskan feasible, proyek akan mulai dikerjakan dan dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun kereta super cepat tersebut sudah akan mulai beroperasi.
“Bila time table ini berjalan sesuai perencanaan, maka Jawa Barat atau Indonesia akan tercatat dalam sejarah menjadi tempat pertama di dunia bagi beroperasinya moda transportasi yang super canggih ini,” kata Edi Suharto.
Menurut Edi, dalam tayangan video digambarkan bagaimana moda transportasi modern tersebut beroperasi dan memberi keuntungan/keunggulan jika dibandingkan dengan moda generasi sebelumnya seperti shinkansen (bullet train dari Jepang). Keuntungan tersebut antara lain terkait biaya konstruksi yang lebih murah (US$ 10 juta/mil sedangkan moda konvensional sampai US$ 36 juta/mil), break event point diperkirakan hanya 2 tahun sedangkan moda konvensional sekitar 50 tahun, berbeda dengan moda konvensional yang hanya mengangkut orang moda transportasi baru tersebut juga dapat dipergunakan untuk mengangkut barang (freights dan automobiles) .
H2RSH juga memberikan alternatif transportasi yang efektif mengingat dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih cepat sehingga diperkirakan dapat menghemat waktu ke tempat tujuan. Selain itu, H2RSH memberikan kentungan ekonomis dikarenakan selain berfungsi sebagai moda transportasi dapat menghasilkan energi yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan energi daerah tertentu, seperti tenaga listrik, air bersih, dan lain-lain. Luar biasa! (asy/nrl)
Wednesday, November 24, 2010
Project MRT Jakarta
for more details read this:
http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=759588
Friday, November 12, 2010
Fakta Cadillac One, Mobil Dinas Presiden Obama
Cadillac one adalah mobil dinas Presiden Obama. Mobil ini didesain dan dikembangkan oleh para spesialis yang menggunakan standar keamanan tertinggi, termasuk tahan dari serangan roket dan bahan kimia, mengingat kendaraan ini bisa jadi merupakan sasaran utama bagi target pembunuhan. Ilustrasi Cadillac One di bawah ini setidaknya menjelaskan berbagai fungsi dan kelebihan yang dimiliki kendaraan ini.
Harga: 300 ribu poundsterling atau sekitar Rp 4,2 miliar
Lebar: 18 feet atau 5,5 m
Tinggi: 5 feet 10 inchi atau 1,8 m
Mesin: 6,5 liter
Bahan bakar: Diesel
Konsumsi bahan bakar: sekitar 8 mil per galon atau 3,4 km per liter
Kecepatan maksimum: 60 mph atau sekitar 97 km/ jam
Akselerasi 0-60 mph: 15 detik
Casis
Dibuat dari pelat baja lima inchi yang didesain untuk bisa tahan dari bom yang diletakkan di bagian bawah mobil
Bodi
Kombinasi dari baja, aluminium, titanium, dan keramik yang akan tahan dari tembusan berbagai macam proyektil
Supir
Supir kepresidenan telah dilatih oleh CIA untuk bisa mengendarai kendaraan dalam berbagai keadaan genting
Kaca Depan
Bisa menahan peluru penembus perisai (peluru yang didesain bisa menembus tank), merupakan satu-satunya kaca yang bisa dibuka agar supir tetap bisa membayar tol atau berkomunikasi dengan agen secret service yang berada di sekeliling mobil
Pintu
Pintu lapis baja setebal delapan inchi dengan bobot seberat pintu kabin pesawat jet Boeing 757
Kompartemen Supir
Dilengkapi dengan steering wheel standar, sistem penjejak GPS dan sistem komunikasi yang terintegrasi pada dasbor
Ban
Terbuat dari bahan kevlar yang dilengkapi dengan sabuk baja, sehingga antirusak dan tahan bocor. Walaupun diledakkan, ban akan tetap kuat sehingga mobil akan tetap bisa melarikan diri dari serangan
Aksesoris Pertahanan
Dilengkapi dengan kamera-kamera night vision, shotgun, maupun kanon gas air mata. Mobil juga menyediakan cadangan darah presiden, bila sewaktu-waktu ia membutuhkan transfusi darah darurat
Kompartemen Belakang
Bisa memuat empat penumpang dan dipisahkan dengan partisi kaca yang hanya bisa dinaik turunkan oleh Presiden Obama. Jendelanya lebih bear daripada kendaraan kepresidenan sebelumnya. Tombol Panic Button juga disediakan bila sewaktu-waktu Presiden meminta pertolongan
Kursi Belakang
Kursi Obama, memiliki berbagai fitur termasuk desktop yang bisa dilipat, komputer laptop, saluran WiFi, ponsel satelit, dan sambungan langsung kepada wakil presiden dan Pentagon
Tangki Bensin
Dilapis baja dan didesain khusus dengan foam yang mencegahnya dari meledak walaupun dihajar langsung oleh tembakan atau sejenisnya
Boot
Menyediakan suplai oksigen dan sistem pemadaman kebakaran
Sumber: http://magazindo.com/fakta-cadillac-one-mobil-dinas-presiden-obama/
Friday, November 5, 2010
China Plans Hugh Buses that can DRIVE OVER Cars
3D Fast Bus di CHINA
Selama ini kita tahu yang mengangkang adalah kaki. Bagaimana jika Bus Kota yang mengangkang?
Jumlah manusia yang semakin bertambah di China, membuat teror sendiri akan masa depan negeri Tirai Bambu, terutama lalu lintasnya. Di Indonesia terutama Jakarta, solusi apa yang sudah dilakukan untuk mengatasi kemacetan?, salah satu ide kreatif dilontarkan oleh Song Youzhou. Hal ini bisa sebagai percontohan atau ide yang bisa kita tiru. Sebagai informasi, Jakarta adalah satu-satunya ibukota negara pendiri ASEAN yang tidak memiliki MRT/LRT/Monorail. Sedangkan Jakarta adalah kota terpadat di Asia Tenggara.
Saat ini lalu-lintas kota besar China dianggap sudah macet, walau jika dibandingkan dengan Jakarta tidak ada apa-apanya. Pendek kata, berkendara di Jakarta tidak bisa diprediksi pada jam masuk/pulang kantor. Di kota besar China, saat ini transportasi yang berseliweran adalah MRT, LRT, BRT (busway), dan bis kota biasa, yang semua ini berhenti di stasiun-stasiun yang telah ditentukan & tepat waktu, bagaimana dengan negara kita Indonesia ?
Selama ini kita tahu yang mengangkang adalah kaki. Bagaimana jika Bus Kota yang mengangkang?
Jumlah manusia yang semakin bertambah di China, membuat teror sendiri akan masa depan negeri Tirai Bambu, terutama lalu lintasnya. Di Indonesia terutama Jakarta, solusi apa yang sudah dilakukan untuk mengatasi kemacetan?, salah satu ide kreatif dilontarkan oleh Song Youzhou. Hal ini bisa sebagai percontohan atau ide yang bisa kita tiru. Sebagai informasi, Jakarta adalah satu-satunya ibukota negara pendiri ASEAN yang tidak memiliki MRT/LRT/Monorail. Sedangkan Jakarta adalah kota terpadat di Asia Tenggara.
Saat ini lalu-lintas kota besar China dianggap sudah macet, walau jika dibandingkan dengan Jakarta tidak ada apa-apanya. Pendek kata, berkendara di Jakarta tidak bisa diprediksi pada jam masuk/pulang kantor. Di kota besar China, saat ini transportasi yang berseliweran adalah MRT, LRT, BRT (busway), dan bis kota biasa, yang semua ini berhenti di stasiun-stasiun yang telah ditentukan & tepat waktu, bagaimana dengan negara kita Indonesia ?
Subscribe to:
Posts (Atom)